Kiat Dugem Aman Di Luar Negeri



Selain menikmati alam, budaya dan berbelanja, kegiatan lain yang dapat dilakukan saat jalan-jalan di luar negeri adalah pergi ke klub malam, atau yang populer disebut dugem dunia gemerlap.

Supaya dugem bisa berjalan dengan lancar tanpa berujung pada masalah apa pun, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan:



Namanya saja dugem, tentunya dimulai larut malam dan berakhir dini hari. (Stockbyte/George Doyle)

1. Taati hukum

Ketahui hukum di negara tempat Anda berada. Kebanyakan negara menetapkan 18 tahun sebagai usia minimum untuk membeli atau meminum alkohol. Beberapa tempat dugem menerapkan aturan usia minimum bagi pengunjung.Ada juga negara yang menerapkan larangan membeli alkohol bagi muslim seperti di Brunei. Di Uruguay, bahkan penjualan alkohol dilarang di atas pukul 00.00. Periksalah hal-hal seperti ini sebelum pergi ke tempat dugem.

2. Identitas

Bila Anda dugem di luar negeri, sebaiknya membawa identitas diri karena petugas berhak menanyakan identitas tamunya. Kecuali Anda penduduk tetap suatu negara dan sudah memiliki KTP setempat, sebaiknya bawa paspor karena itu berlaku internasional dan berbahasa Inggris.

3. Kontrol diri

Jika Anda gemar mengonsumsi alkohol, pastikan untuk tidak melewati batas yang membuat kontrol diri hilang. Mabuk-mabukan sampai tak sadar atau jadi mudah terpancing emosi dan berbuat onar sama sekali tidak ada serunya. Jangan sampai menyesali sesuatu yang Anda lakukan saat tidak sadar dan merusak acara liburan. Anda juga wajib tahu kemampuan fisik diri sendiri dalam menerima kadar alkohol.

4. Pub Crawl

Bila Anda menginap di hostel terutama di negara barat, selalu ada acara yang disebut pub crawl, alias bersama-sama mengunjungi beberapa pub dalam semalam. Kegiatan ini sering jadi salah satu nilai jual sebuah hostel.Biasanya pihak hostel menyediakan pemandu untuk mengantar para tamu ke pub-pub yang lagi populer di kota tersebut. Anda hanya perlu membayar apa yang Anda konsumsi selama acara tersebut. Bila Anda belum mau pulang bersama pemandu, jangan lupa beritahukan sebelumnya agar tidak merepotkan tamu-tamu lainnya.

5. Transportasi

Hal penting yang perlu dipikirkan saat dugem di tempat asing adalah transportasi. Karena jamnya yang aneh, kendaraan umum seperti bus dan kereta api kemungkinan besar sudah tidak beroperasi. Jadi jangan lupa cek apakah aksesnya sampai ke tempat dugem tujuan atau tidak, dan pastikan kendaraan tersebut masih beroperasi pada waktu selesai dugem.Kalau perlu pasang alarm di arloji Anda agar tepat pulang mengejar transportasi. Di negara maju, jadwal transportasi umum sudah pasti tepat waktu. Jika tempat dugem susah taksi atau transportasi umum lainnya, lebih baik sewa kendaraan yang bisa stand by selama Anda dugem.

6. Keamanan

Namanya saja dugem, tentunya dimulai larut malam dan berakhir dini hari, waktu rawan kriminalitas. Cari info dari berbagai untuk memilih tempat dugem yang aman dan bersih. Selalu dengarkan nasihat orang lokal yang lebih tahu keadaan.Untuk keamanan diri sendiri, hindari pemakaian perhiasan yang berlebihan dan bawalah uang secukupnya saja. Paling tidak cukup uang untuk biaya masuk, beberapa gelas minuman dan ongkos pulang-pergi.Kalau perlu, minta seseorang yang bisa dipercaya dari penginapan untuk menemani, tentunya seluruh biaya dan tip menjadi tanggungan Anda.

Follow On Twitter